tabloid pertama karya CAH BLORA ASLI

Sabtu, 24 Oktober 2009

Edisi 79 -Pendidikan - PLANNING

Siswa SMKN 2 Blora Sekretaris terbaik pada LKS 

 

BLORA, SR- Sebanyak 30 SMK sekabupaten Blora Selasa (20/10) mengikuti Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) yang digelar selama 2 hari. Acara yang pembukaannya di lakukan di SMKN 1 Blora ini dibuka langsung oleh Bupati Blora, Yudhi Sancoyo.

     

Lomba ini merupakan lomba tahunan bagi sekolah menengah kejuruan. Disamping itu juga sebagai barometer tingkat pemahaman dan praktek siswa, sebagai bekal dimasyarakat bila lulus nantinya.

     

LKS itu sendiri terdiri dari 18 kompentensi yang dilombakan, dengan di laksanakan di berbagai tempat di wilayah kabupaten Blora. Diantaranya Lomba LKS Sekretaris dan Tata Busana diadakan di SMKN 2 Blora, LKS Akuntansi di SMK Kristen Blora sedang       LKS Tata Niaga diadakan di SMKN1 Cepu.

     

Dari pantauan SR di SMKN 2 Blora sebagai tempat pelaksanaan LKS Sekretaris, ada 7 sekolah yang mengirimkan pesertanya.

 

Kepala sekolah SMKN 2 Blora Bambang Suryadi melalui Kajur Administrasi Perkantoran Lilik Tursila, 7 peserta tersebut semuanya wanita.

 

“Lomba ini penilaiannya cukup rumit karena materinya disesuaikan dengan kenyataan tugas seorang sekretaris kantor,” kata Lilik.

     

Menurut guru Wanita yang diangkat PNS tahun 2007 ini, materi yang dilombakan yakni kas kecil, agenda kerja, internet, wawancara, presentasi, surat menyurat dan Telepon,

 

“Pada materi wawacara kita juga menggunakan bahasa internasional, karena disesuaikan era globalisasi perdagangan internasional,” jelas Lilik.

     

Data yang didapat SR akhirnya LKS yang pelaksanaanya memakan waktu yang cukup panjang ini lahirlah calon sekretaris masa depan, dengan juara pertama diraih Yunita R Apriani siswa SMKN 2 Blora. Sedang juara kedua dan ketiga diraih Prima Ayu W siswa SMKN 1 Cepu dan Tri Astuti Siswa SMK PSM Randublatung. (Roes)



Pemilihan Ketua OSIS seperti Sistim Pemilu

 

BLORA, SR- Tahun ajaran baru identik dengan perubahan kepengurusan OSIS pada semua sekolah. 

     

Demikian juga di SMPN 1 Blora yang jumlah muridnya sebanyak 759 siswa Rabu (21/10) melakukan pemilihan ketua OSIS secara Langsung Bebas dan Rahasia.

     

Menurut H Prayitno salah satu guru pembina, pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS ini baru dilakukan karena beberapa waktu sebelumnya dilakukan seleksi terlebih dahulu.

 

“Dari hasil tersebut terpilih tiga kandidat yakni Ivan Ahda Imamudin (8G), Ovin Lutfialifta (8E) dan Astika Mara (7E),” kata H Prayitno.

     

Lanjut Prayitno, pemilihan yang digelar di aula sekolah tersebut dilakukan seluruh murid yang terbagi perkelas secara bergantian sebanyak 21 kelas.

Dari 780 kartu suara yang disiapkan sedang siswa yang mempunyai hak suara yakni 759 orang, namun yang menggunakan hak pilihnya 654 siswa. Sedang yang tidak menggunkan haknya sebanyak 17 siswa karena tidak masuk dan 88 suara rusak.

     

Setelah melalui proses pemilihan seperti layaknya pemilu yang mencontreng gambar calon, Ivan Ahda Imamudin  siswa kelas 8G menyisihkan rivalnya dengan meperoleh suara 293 atau 38,5%. Sedang  Ovin Lutfialifta (8E) dan Astika Mara (7E) masing masing meperoleh suara 266 dan 95.

     

Disisi lain menurut Prayitno kegiatan ini merupakan salah satu pembelajaran politik untuk para pelajar. “Disinilah anak-anak secara tidak langsung belajar berpolitik bagiamana menggunakan mereka menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

     

Ditempat terpisah salah satu pengurus osis sebelumnya, Andy Novendra Kharisma ( 8A) kepada SR mengatakan dengan terpilihnya Ivan sudah diprediksinya. “Memang kami dan teman-teman telah memprediksi sebelumnya, karena ia orangnya supel dan mudah diajak bergaul”, kata Andy yang juga seksi kesiswaan dan humas pada kepengurusan osis lama. (Roes)

1 komentar:

SMP Favorit Blora - SMP 1 Blora mengatakan...

Terima Kasih Atas dimunculkanya berita sekolah kami.