tabloid pertama karya CAH BLORA ASLI

Sabtu, 09 Januari 2010

MINYAK BUMI Kab BLORA - 84 Planning

2012 Minyak Bumi akan Keluar dari Tanah Blora.

 

BLORA, SR- Harapan masyarakat Blora untuk segera dapat menikmati hasil minyak pada Blok Cepu, yang keluar dari kabupaten Blora, agaknya harus bersabar.

     

Hal ini diungkapkan Dirut Blora Patragas Hulu (BPH) Christian Prasetya, pada acara jumpa Pers di RM Joglo Rabu (30/12) saat ditanya wartawan SR.

 

“Blok Cepu melalui Sumur Banyurip kabupaten Bojonegoro Awal September 2009 telah diproduksi, sedang untuk wilayah kabupaten Blora diperkirakan 2012 baru dieksplorasi,” kata Christian Prasetya.

     

Menurut Dia produksi pertama kalinya blok Cepu pada sumur Banyurip tersebut sebanyak 2000 barrel perhari.

     

“Sehingga bila dikalkulasi sampai dengan Desember 2009 sudah lebih dari 1 juta barrel,” jelas Chris.

     

Dari data SR produksi pertama kalinya minyak dengan cara memompakan minyak dari salah satu sumur di lapangan Banyuurip, Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

     

Setelah minyak berhasil keluar, selanjutnya dilakukan pembakaran untuk memisahkan gas dan air. Kenapa dibakar di sekitar tapak sumur?


Dirut BPH: Orientasi pemikiran kapan Blok Cepu segera produksi di Blora, yang selalu muncul di benak Christian Prasetya (Foto Roes/SR)

     

Sesuai dengan keterangan petinggi MCL sebelumnya, pembakaran dilakukan setelah minyak dialirkan dari tapak sumur atau proses tahap pertama melalui pipa sepanjang 2,2 km ke Gas-Oil Separation Plant (GOSP).

     

Kemudian di Desa Ringintunggal, Kecamatan Kalitidu dan Desa Gayam, Kecamatan Ngasem itulah proses di tahap kedua dilakukan, salah satunya melakukan pembakaran gas.

     

Alasannya Karena memang prediksi kami seperti itu, nantinya gas dan air akan diinjeksi kembali ke tanah untuk menambah tekanan.

     

Setelah minyak sampai di GOSP, selanjutnya dialirkan ke pipa sepanjang 37 km yang dimiliki oleh Pertamina/Geolink menuju ke penampungan di sekitar Central Processing Area (CPA) Mudi, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.(Roes)

Tidak ada komentar: