tabloid pertama karya CAH BLORA ASLI

Senin, 11 Januari 2010

RUWAT - SRBlora 84- planning

100 Anggota Paguyuban Silatroh Jati Kembang Diruwat

 

BLORA, SR- Bertepatan dengan bulan Suro kebanyakan masyarakat Blora selalu mengadakan kegiatan yang berbau kejawen.

     

Demikian juga apa yang dilakukan Paguyuban Silatroh Jalmo Tinitah Kudu Eling Mlaku Becik Apik Ngalah (Jati Kembang) pada Sabtu (26/10) mengadakan ruwatan masal.

     

Bertempat di aula SKB tak kurang 100 anggota Jati Kembang Blora ini, diruwat secara masal yang ketua panitanya Slamet Irianto yang juga menjabat Kapolsek Blora.

  

ANGGOTA LAMA; Ketua DPRD Blora, HM Kusnanto yang pernah menjadi anggota lama paguyuban Jati Kembang saat memberikan pesanya pada acara Ruwatan 100 anggotanya.(foto: Roes/SR)

   


Hadir pula memberi sambutan ketua DPRD Blora. HM Kusnanto yang juga pernah menjadi anggota paguyuban Jati Kembang. Dalam pidatonya kali ini Kusnanto menyampaikan pesannya agar setiap manusia selalu bertaubat dan pandai-pandai bersyukur pada Tuhan YME.

 

“Kita hendaknya sebagai manusia selalu taubat dan bersyukur pada tuhan YME, niscya akan selalu dijauhkan dari rintangan,” kata Kusnanto.

     

Sementara acara ritual ruwatan itu sendiri diawali dengan doa keselamatan dan dilanjutkan dengan prosesi ruwat yang dipandu langsung pendiri Paguyuban Jati Kembang yakni Purwadi Setyanto.

     

Pada prosesi ini dijelaskan pula arti sesungguhnya ruwat itu sendiri, yakni gabungan kata Ru dan Wat.

 

Ru artinya baru dan Wat artinya kuwat, yang bermakna manusia selalu berbuat dosa sehingga rusak dan ruwet dan harus diperbarui sehingga kuat menghadapi masalah hidup dan kehidupan,” jelas Purwadi.

     

Purwadi juga menjelaskan bahwa dalam proses perjalanan hidup manusia selalu dihadapkan segala masalah, jika masalah tersebut tidak diurai maka akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

     

Untuk memperbaruinya maka manusia harus memohon ampunan pada Tuhan YME dan menyesali perbuatanya dengan mengucap syukur kepada-NYA,” tambah Purwadi.(Roes)

Tidak ada komentar: