tabloid pertama karya CAH BLORA ASLI

Selasa, 01 September 2009

SR edisi 75 - PENDIKAN & OLAH RAGA




Main Lepas
Persikaba Mampu kalahkan Persiwa 3-2

BLORA, SR – Persikaba Blora, akhirnya bisa meraih kemenangan melawan tim besar yang berlaga dalam Idonesia Super liga (ISL) Persiwa Wamena 3-2 (2-0), saat pertandingan uji coba yang dilangsungkan di Stadion Kridosono Blora, Kamis (20/8).

Kemenangan laskar Haryo Penangsang ini, tercipta lewat tendangan jarak jauh Hariyanto di menit 8, gagal ditangkap oleh Kiper Johan Charles. Dua gol lainnya diborong oleh striker Indriyanto Nugoro di menit 25 dan menit 64. Sekaligus sebagai gol perdana Indriyanto selama memperkuat Persikaba, yang disambut gembira oleh sekitar 1500 suporter yang memadati stadion.

Gol Perdana Indriyanto tercipta lewat sundulan setelah menerima umpan dari Sukisno, sementara gol kedua dari tendangan bebas, namun sempat diblok oleh kiper penganti Geri Mandagi namun bolanya masuk ke gawang.

Sepanjang pertadingan berlangsung sangat menarik, bahkan anak asuhab Bonggo Pribadi kali ini bermain lebih berani menyerang dan tampil konsisten, bahkan berkali-kali tekanan yang dilancarkan Budiyana, Bambang Harsoyo, dan Indriyanto yang berduet dengan Hariyanto mampu merepotkan gawang Persiwa.

Baru pada babak kedua, setelah masuknya Peter Rumaropen, Yohanes Kabasaimu, Isak Kanon, serta Gari Mandagi, pertahanan Budiyana dkk menjadi tertekan. Sebelum akhirnya gawang Persikaba yang di jaga Catur jebol oleh tendangan keras Vendy Mofu pada menit 55.

Lewat kerjasama yang manis antara Peter Romaropen, kembali Vendy Mofu mengoyak gawang catur untuk yang kedua kalinya setelah mengecoh barisan pertahanan yang digalang oleh Nugroho Andriyanto dan Feby Sofi membuat skor 3-2.

Sebenarnya nyaris saja Indriyanto membuat hattrik kalau saja tendangannya tidak digagalkan oleh kiper Gari Mandagi. Skor 3-2 tetap bertahan hingga wasit Slamet Kusdianto membunyikan peluit terakhir.

Asisten Manajer Persiwa Agus Santoso mengakui bahwa bukan hasil akhir yang dia inginkan, karena Persiwa baru melakukan tahap seleksi pemain. Termasuk ada 4 pemain asing dan satu kiper yang ikut seleksi dimainkan saat melawan Persikaba.

”Secara keseluruhan masih banyak kekurangan kalau melihat pertandingan hari ini, sekaligus dijadikan untuk seleksi pemain, masih ada waktu untuk persiapan,” kata Agus Santoso.

Menurut dia, sudah satu bulan ini Persiwa melakukan latihan di Malang. Merasa senang bisa diundang Persikaba untuk latihan uji coba.

Terpisah Pelatih Persikaba Bonggo Pribadi, cukup puas dengan kemenangan yang diraih anak asuhannya. Dia menilai pemain bermain lepas dan sudah tidak grogi lagi, hasilnya meski menghadapi tim yang dua level diatasnya bisa mengimbangi dan menunjukkan semangat untuk menang, akhirnya terbukti.

”Kali ini mereka bermain lepas, tanpa beban sehingga bisa mengimbangi, ini salah satu kuncinya, kali ini mental mereka sangat bagus,” ungkap mantan pelatih PSIS Semarang ini.

Kemenangan itu sekaligus menuntaskan dendam saat dikalahkan tim dari divisi utama Pro Duta Yogyakarat 1-2 saat uji coba yang dilaksanakan, Jum’at (14/8). (Gie)






Tidak masuk Terget Justru raih 2 Perunggu

BLORA, SR.- Prestasi yang cukup membanggakan bagi Blora, dalam keikutsertaanya porprov yang berkahir pecan lalu.

Seperti diketahui hasil akhir porprov Blora menduduki ranking 8 dari 35 kota/kabupaten . Kontingen Blora mampu mendapatkan 19 emas 24 perak 30 perunggu dengan nilai 235. Nilai tersebut sama dengan kabupaten Klaten namun kalah dalam selisih emas.

Perbakin Salah satu Cabang olah raga yang baru dan tidak ditarget KONI Blora justru mampu menyumbangkan medali. “Walau hanya 2 medali perunggu, menurut kami sangat praktise mengingat, cabor ini baru dan tidak nominasi medali oleh KONI,” kata ketua Perbakin Blora, Suryanto.

Untuk itulah sebagai ucapan syukur dirinya beserta pengurus dan atlit Kamis lalu mengadakan syukuran dihalaman rumahnya.

Disamping syukuran tersebut dalam orasinya Suryanto meminta agar 2 medali perunggu tersebut dijadikan dasar untuk mengejar medali emas pada even mendatang.

“Awal yang baik untuk langkah kita kedepan agar lebih baik dari saat ini,” jelas Suryanto.(Roes)





Mobil Pintar untuk Gali Potensi Desa

BLORA, SR.- Mobil pintar yakni sebuah mobil keliling yang berisi tentang buku perpustakaan dan internet mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hal ini terbukti saat didesa Beji kecamatan Kunduran, antusias warga, mulai dari pelajar hingga orang tua mengujungi mobil pintar yang menyertai Bupati dalam kunjungannya ke daerah.

Khususnya para pelajar mereka mendatangi mobil pintar tersebut semata-mata untuk mengenal lebih dekat dengan internet. Disamping itu membaca buku perpustakaan yang ada dan sebagian melihat vedio yang diputar di mobil itu.

“Saya ingin tahu mobil katanya dilengkapi internetnya, setelah aku buktikan memang benar,” kata Edi siswa SD yang ikut menyambut kedatangan Bupati Blora (13/8) lalu.

Program yang diluncurkan Dinas Pendidsikan Blora melalui UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) pimpinan Drs Sarjono ini, memang mengundang kagum sebagian besar warga desa.

Disamping itu salah satu pengenalan tehnologi internert dipedesaan, SKB juga pembelajaran warga keaksaraan dan ketrampilan Boga. “Untuk ketrampilan Boga kami menggali potensi yang ada didesa tersebut kemudian untuk dikembangkan. Meliputi juga cara pemasaran produk desa tersebut,” ungkap Sarjono.

Sedang untuk Pembelajaran warga keaksaraan menurut Sarjono, SKB mendatangkan Guru yang mengerti psikologi orang tua.

Sementara Bupati Blora Yudhi Sancoyo dalam sambutanya, mengucapkan sangat bangga terhadap antusias warga terhadap program pemberdayaan masyarakat melalui bidang pendidikan ini. “Saya bangga terhadap saudara-saudara, walau didesa namun kemajuan tehnologi saudara tak mau ketinggalan dengan yang dikota,” katanya.

Untuk itulah Yudhi berharap dengan diadakannya program ini, semangat masyarakat guna mengikuti sekaligus mensukseskan kegiatan ini tetap terjaga.

“Manfaatkan semua fasilitas yang disediakan pemerintah. guna meningkatkan ketrampilan saudara dan anak-anak saudara. Karena semuanya itu toh demi kemajuan diri sendiri dan daerah saudara,” tegas Yudhi. (Roes)




Gaet Siswa dengan Jurusan Tehnik Komputer Jaringan

BLORA, SR.- Gebrakan baru muncul dari SMK Ma’arif Blora, yakni menggabungkan antara Tehnik dan Menejemen Komputer ternyata membuahkan hasil.

Terbukti di awal tahun pendidikan sebulan yang lalu, berhasil menggaet 40 siswa terpilih dari 63 pendaftar pada jurusan Tehnik Komputer Jaringan ini.

Menurut Kasek H. Suratman dengan jurusan baru ini, nantinya para lulusan SMK Ma’arif dapat bersaing dengan sekolah tehnik dalam bursa tenaga kerja.

“Tujuan utama adalah agar para lulusan nantinya dapat mengikuti tehnologi yang selalu berkembang, sehingga peluang bersaing dengan lulusan dari sekolah lain lebih menjanjikan,” kata Suratman.

Dia juga menjelaskan bahwa sekolahnya yang telah berdiri sejak tahun 1995 semata-mata buka mencari profit saja, namun juga membantu siswa tidak mampu dengan membebaskan pembiayaannya.

“Sejalan dengan program pemerintah, kami juga menggratiskan siswa yang tidak mampu dan juga memberika bea siswa bagi siswa berprestasi pada sekolah kami,” jelasnya.

Saat ditanya berapa siswa sekolah yang digratiskan, Suratman mengatakan setiap tahunnya minimal mengratiskan 10 siswa yatim piatu yang dibebaskan dari segala bentuk pembayaran disekolahnya.

Dari segi tenaga pendidik terdapat 37 Guru, sedang yang sudah bersertifikasi sebanyak 13 guru. Mereka yang siap mengajar sekitar 703 siswa, yang terbagi di tiga jurusan.

“Unggulan kami tetap jurusan Akuntansi, akan tetapi jurusan Menejemen Komputer Jaringan nantinya akan menjadi alternatif unggulan lain ditahun mendatang,” tambah Suratman. (Roes)

Tidak ada komentar: