tabloid pertama karya CAH BLORA ASLI

Selasa, 02 Februari 2010

5 Milyar dari PI BLOK CEPU - planning 86

Tunggu Notifikasi Exxon
Bagi Hasil PI Blok Cepu Rp 5,18 M 

BLORA, SR- Sampai berita ini ditulis Rabu (27/1) Operator Blok Cepu, Mobil Cepu Limited, telah mentransfer bagi hasil keikutsertaan modal atau participating interest (PI) kepada PT Blora Patragas Hulu sebesar 558.000 dollar AS atau setara dengan Rp 5,18 miliar. 

Dana PI itu merupakan hasil produksi minyak pada September-November 2009 dengan kapasitas rata-rata minyak 7.500 barrel per hari.

Hal itu diungkapkan Direktur PT Blora Patragas Hulu (BPH) Christian Prasetya, bahwa nilai itu merupakan jumlah total dari cost recovery (biaya investasi) dan gross revenue (pendapatan kotor). 

Adapun besaran biaya pengembalian investasi itu 424.000 dollar AS (Rp 3,94 miliar), sedangkan pendapatan kotor 134.000 dollar AS (Rp 1,24 miliar).

Karena dalam PI, PT BPH menggandeng PT Anugerah Bangkit Sarana Jaya (ABSJ) yang membiayai investasi sepenuhnya, biaya investasi kembali ke PT ABSJ. Selain itu, PT ABSJ mendapat pembagian pendapatan kotor sebesar 66,20 persen setelah pendapatan kotor itu dipotong pajak sebesar 44 persen.

"Dari pendapatan kotor kena pajak, PT ABSJ memperoleh 49.700 dollar AS (Rp 462,21 juta), sedangkan PT BPH 25.340 dollar AS (Rp 235,662 juta). Itu baru hitungan internal PT BPH. Kami sedang menunggu penghitungan resmi dari Mobil Cepu Limited," kata Christian.

Menurut Christian, pendapatan itu kecil lantaran produksi minyak baru dari satu sumur Blok Cepu, Lapangan Banyuurip, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

Padahal, Blok Cepu masih mempunyai empat sumur lapangan minyak dan dua lapangan gas sehingga memungkinkan pendapatan itu bertambah.

"Bisnis minyak dan gas bumi yang merupakan investasi jangka panjang membutuhkan modal besar, teknologi tinggi, dan risiko besar. Bisa jadi proses seismik dan produksi tidak sesuai harapan sehingga memengaruhi jadwal dan kapasitas produksi. Untuk itu, saya berharap masyarakat bersabar menanti hasil itu," ungkapnya (Roes)



1 komentar:

Anonim mengatakan...

bisnis migas butuh modal dan mental yang tinggi